Perawatan Alat Hadroh Tips Merawat Rebana

Perawatan Alat Hadroh Tips Merawat Rebana ,  Salah satu bagian penting dalam majelis sholawatan adalah grub hadroh, dalam grub ini terdapat beberapa pemain yang memainkan berbagai macam alat musik serta beberpa musyid yang membacakan qasidah – qasidah  yang indah dan merdu. Yang kesemua harmoni tersebut membentuk sebuah tatanan nilai pengahambaan kita kepada Allah SWT dan pengagungan cinta kita kepada Rosulullah SAW.

Selain factor pemain yang penting, ada pula factor alat musik yang dipergunakan pula. Pemain yang baik jika bermain dengan alat musik yang bagus dan baik maka menghasilkan suara yang bagus dan optimal. Namun pemain bagus bermain dengan alat musik yang kurang bagus suara yang dihasilkan kurang maksimal, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu factor pemain dan alat yang bagus keduanya menjadi factor mutlak untuk menghasilkan suara indah nan merdu.

cara merawat hadroh, perawatan alat hadroh, cara merawat bass hadroh, cara merawat kulit hadroh, cara merawat terbang hadroh, cara merawat rebana, tips merawat rebana, cara merawat alat rebana, cara merawat kulit rebana, cara merawat terbang rebana, cara merawat alat musik rebana, cara merawat alat musik hadroh, cara merawat alat hadroh, tutorial merawat rebana, tutorial merawat hadroh, tips merawat hadroh, tips merawat rebana, tips memilih rebana yang bagus, cara memilih rebana yang bagus, cara memilih hadroh yang bagus, bermain rebana, cara bermain rebana hadroh, teknik bermain rebana, hukum bermain rebana dalam islam, cara bermain rebana bagi pemula, cara bermain rebana ibu, cara bermain alat rebana, cara bermain bass rebana, cara bermain rebana, cara bermain rebana jawa

Kami akan memberikan kepada anda beberapa tips yang dapat dipergunakan untuk merawat alat rebana kesayangan anda

  1. Simpan di tempat yang kering dan tak lembab

Kelembaban akan merusak struktur kulit dan kayu. Karena dalam cara kerja pembuatan rebana, bahan kayu dan kulit binatang dikeringkan hingga kadar airnya menempuh nol persen. Kian kering maka kian bagus bagi rebana. Karenanya, hati-hati jikalau menjelang musim hujan. Tidak-tidak jarang saja mengontrol daerah penyimpanan karena dapat jadi jamur sudah mulai tumbuh.

  1. Simpan dengan rebana saling menghadap

Simpan dengan rebana saling menghadap satu sama lain, hari ini untuk menghindar kendornya kulit pada rebana jikalau penyimpanan kita komponen kulit rebana dihadapkan dengan komponen bawah (kayu). Untuk kadang kala tak dilema menyimpan rebana dalam posisi ini tapi dalam bentang waktu sejenak. Bila kita menaruhnya dalam posisi tersebut dalam waktu yang lama kulit rebana akan kendur.

  1. Gunakan kain kering untuk membersihkanya

Sesudah penerapan usaplah bagian kulit rebana/Bass dengan kain kering dan bersih agar debu dan kotoran lainya yang menempel supaya dapat hilang. setelah itu untuk membersihkan komponen bodynya kita dapat menggunakan kain kanebo, ada bisa mengelapnya diseluruh body dan kuningannya.

CATATAN, sesudah mengelap semua komponen jangan jemur secara segera rebana berhadapan dengan terik matahari. sebab, body yang terkena panas matahari terus menerus akan pecah pecah dan kulit akan kendur

  1. hidarkan dan benda tajam

Kulit rebana yang tipis dan kering membikin alat musik tersebut menjadi rawan dengan benda tajam. Kerusakan yang acap kali kali terjadi pada rebana yaitu robek atau sobek, oleh karena itu berhati-hatilah ketika membawa rebana maupun ketika memainkannya. Supaya lebih aman, sebaiknya anda mempunyai tas khusus untuk rebana.

Bagikan Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *